DATA ANDA TANGGUNG JAWAB ANDA


Renah Semanek, 10/9. BKPSDM, Pemerintah Kabupaten Bengkulu Tengah sedang melaksanakan kegiatan Pemutakhiran Data Mandiri (PDM). Kegiatan yang dipelopori oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN) ini bertujuan untuk mewujudkan data pegawai yang akurat, terintegrasi dan terkini sesuai dengan semboyan yang sedang didengungkan oleh BKN yaitu “Satu Data ASN”.

Pemutakhiran Data Mandiri (PDM) ini dilaksanakan dalam beberapa tahapan, antara lain : Tahapan Sosialisasi, Tahapan Aktivasi Akun MySAPK, Tahapan Login My SAPK, Updating Data mandiri, Verifikasi dan Validasi Data, Integrasi dan Sinkronisasi Data. Yang mana pada setiap tahapan ini telah dilakukan pembagian jadwal pelaksanaannya pada masing-masing Instansi baik pusat maupun daerah pada tiap kanregnya. 

Ada sebanyak kurang lebih 3.059 PNS dilingkungan pemerintah kabupaten Bengkulu Tengah yang seluruhnya diwajibkan untuk melakukan Pemutakhiran Data Mandiri (PDM). Hingga saat ini sudah tercapai 97,91 % PNS yang sudah melakukan Aktivasi Akun MySAPK sebagai tahapan persiapan bagi tiap-tiap instansi sebelum dilanjutkan pada tahapan berikutnya. 

Setelah tahapan Aktivasi Akun MySAPK, ASN masih harus melakukan lagi tahapan berikutnya yang sudah dijadwalkan oleh BKN. Yang berikutnya, PNS di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Bengkulu Tengah harus melakukan Login dan Updating Data Mandiri pada Aplikasi MySAPK. Pada tahapan ini ASN wajib untuk mengisi sekitar 12 menu Data yang terdapat pada aplikasi tersebut yang selajutnya akan diverifikasi secara berjenjang oleh BKPSDM, BKN Kanreg VII Palembang dan BKN RI.

“Mengingat pentingnya kegiatan ini, maka diharapkan PNS dilingkungan Pemerintah Kabupaten Bengkulu Tengah untuk antusias dalam setiap tahapan yang telah dijadwalkan serta adanya sanksi bagi PNS yang tidak mengikuti kegiatan PDM berupa penonaktifan status data PNS yang mengakibatkan pelayanan kepegawaian PNS yang bersangkutan tidak dapat dilakukan, karena sebagian besar pelayanan urusan kepegawaian di BKN sudah melalui sistem aplikasi kepegawaian” terang Bpk. Apileslipi selaku kepala BKPSDM Bengkulu Tengah.

Ditambahkan juga oleh Kepala Sub Bidang Informasi dan Data (Bpk. Andika Sahputra), ”Kalo tidak ada perubahan, nanti pada tanggal 15 September s.d. 14 Oktober 2021, Setiap PNS Bengkulu Tengah bisa melakukan updating data masing-masing secara mandiri melalui aplkasi MySAPK, namun harus diingatkan lagi bahwa data yang di input itu harus sesuai dengan dokumen yang dimiliki, jangan sampai menyalahi aturan. Data Anda Tanggung Jawab Anda”. (Rf)

Share:

Lampiran File :

Download


Copyright © 2021 BADAN KEPEGAWAIAN DAN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA KABUPATEN BENGKULU TENGAH, All Rights Reserved.